Perkembangan di industri media sosial tidak bisa dilepaskan kaitannya dengan perkembangan teknologi yang ada di dunia. Hingga saat ini, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi media sosial selain facebook, yang semakin meramaikan dan mewarnai kehidupan masyarakat.
Beberapa contoh aplikasi media sosial yang sedang populer di masyarakat sekarang ini adalah snapchat. Tak kalah dengan instagram, snapchat juga memiliki jumlah peminat yang tak kalah banyaknya yang tersebar di seluruh dunia.
Apakah anda juga salah satu penggemar aplikasi ini? Atau mungkin masi adakah di antara anda yang masih belum tahu seperti apa aplikasi yang bernama snapchat ini dan cara menggunakannya? Eits, jangan khawatir guys, karena anda bisa membaca informasi seputar aplikasi yang dimaksud tersebut pada artikel ini.

Apa Sih Sebenarnya Snapchat itu?


Snapchat merupakan aplikasi Android dan iOS. Pemilik aplikasi ini adalah bernama Evan Spiegel. Salah satu konsep inti dari aplikasi ini adalah bahwa setiap gambar atau video maupun pesan yang anda kirim hanya tersedia dalam waktu yang singkat, sebelum akhirnya menjadi tidak dapat diakses lagi.
Pesan yang bersifat sementara merupakan salah satu yang diusung oleh aplikasi snapchat. Hal ini dianggap dapat mendorong aliran interaksi yang lebih alami antar pengguna.
Satu hal penting lagi yang harus anda ketahui mengenai aplikasi adalah bahwa pengembang Snapchat tersebut merupakan sebuah perusahaan publik, yang dikenal dengan nama Snap. Perusahaan Snap Ini mengklaim dirinya sebagai perusahaan kamera. Dengan demikian, mereka juga menciptakan beberapa produk lain, termasuk perangkat keras, seperti Snapchat Spectacles.

Apa Fungsi Dari Snapchat?


Meskipun Snapchat awalnya hanya berfokus pada kegiatan berbagi foto pribadi, dari satu orang ke orang yang lainnya, tapi sekarang anda juga sudah bisa menggunakannya untuk berbagai tugas yang berbeda, termasuk mengirim video pendek, obrolan video langsung, pesan, membuat karikatur seperti avatar Bitmoji dan berbagi foto dan video melalui “cerita (story)” kronologis, yang bisa disiarkan ke semua pengikut anda.
Bahkan ada area “Penemuan (discovery)“, yang ditunjuk dalam aplikasi yang dirancang untuk menampilkan konten bentuk pendek dari penerbit ternama, seperti Buzzfeed dan Dailymail. Snapchat juga baru saja menambahkan fitur  “Kenangan (memories)“, yang memungkinkan anda untuk menyimpan foto (foto dan video) dan cerita (story) anda ke area penyimpanan pribadi.
Tersedia juga fitur lainnya, termasuk kemampuan mengirim uang melalui integrasi dengan Square Cashmembuat stiker khusus kota yang dapat ditempatkan pada snap dan pesan, menambahkan filter dan lensa berbasis AR ke snap dan menunjukkan lokasi langsung anda di peta dunia.
Hal utama yang harus anda sadari adalah bahwa Snapchat adalah aplikasi yang berkaitan dengan komunikasi instan, melalui foto dan video, yang dikirim atau diterima di ponsel anda.
Sebelum Snapchat, media sosial sangat berbasis desktop dan aplikasi ini erat kaitannya  dengan kegiatan mengumpulkan data, seperti status, tweet ataupun foto dan video dan anda juga menampilkan semua hal tersebut secara online, sehingga semua teman anda bisa memberi komentar pada mereka dan anda bisa menyimpan mereka.
Dengan kata lain, Snapchat telah mengubah cara kita berkomunikasi secara online. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, anda dapat dengan cepat mengirim foto diri anda kepada seorang teman dengan cara mengeditnya terlebih dahulu, mungkin dengan menggunakan lensa AR pelangi (dengan ekspresi seperti sedang muntah), atau dengan corat-coret tulisan di atasnya.
Setepah anda mempostingnya, teman-teman anda dapat membukanya, memotretnya jika mereka mau dan membalasnya dengan tanggapan foto atau video mereka sendiri, dimana mereka juga dapat menyiarkan cerita mereka yang juga bisa dilihat teman dan pengikut mereka seperti yang anda lakukan.

Bagaimana Cara Kerja Snapchat?


Untuk cara pemakaiannya, panduan aplikasi ini terbilang sangat rumit, karena Snapchat sangat sering melakukan update sehingga hanya sia-sia saja untuk menulis instruksi mengenai langkah demi langkah yang panjang, tentang bagaimana cara untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.
Oleh karena itu, artikel ini akan fokus pada panduan yang paling populer di masyarakat, fitur utama dan bagaimana mereka bekerja secara umum.
Namun yang lebih penting, layar utama yang akan anda lihat saat menavigasi Snapchat. Jika Anda memerlukan detail lebih lanjut tentang cara menelusuri aplikasi ini atau melakukan hal yang spesifik, sebaiknya anda mengunjungi pusat dukungan Snapchat itu sendiri.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda harus memiliki aplikasi snapchat di handphone anda.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Pada layar kamera, tekan tombol “ambil” untuk mengambil snap, atau tekan dan tahan tombol tersebut untuk merekam video selama 10 detik. Jika anda terus menekannya, maka anda akan merekam multi snap.
  • Jika anda sudah berhasil mengambil snap, anda bisa menggunakan segala jenis “tools” yang tersedia di sana, misalnya tekan ikon pensil untuk menggambar, dan ikon teks untuk menuliskan sesuatu seperti keterangan di sana, serta ikon stiker untuk menambahkan stiker atau bitmoji dan lain sebagainya sebelum memutuskan untuk meng-uploadnya ke story anda.
Untuk lebih jelasnya, anda bisa menonton video di bawah ini:
Sebelum anda menguploadnya, anda juga bisa menyimpannya terlebih dulu  ke “memories” anda, kemudian barulah tambahkan ke cerita anda, atau kirim ke teman atau sekelompok teman anda. Ingat, saat mengambil snap, jika Anda mengetuk tampilan kamera, anda akan melihat Lensa dan Lensa Dunia muncul di sana. Anda bisa menerapkan salah satunya.
Gimana? Mudah kan guys melakukannya? Jadi tunggu apalagi nih? Yuk, cobain aplikasi ini. Dijamin deh anda bakalan ketagihan menggunakannya. Dengan selesainya penjelasan mengenai tata cara menggunakan snapchat ini, maka berakhir pula informasi mengenai snapchat ini kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat ya guys. Selamat mencoba.